Kota Termegah│Setingkat Negara Bagian

ShowTimes- Kali ini ane akan membahas tentang kota-kota megah yang mungkin bisa menjadi negara baru kelak. Sebenarnya di dunia ada beberapa kota yang sudah memiliki syarat untuk menjadi negara sendiri, namun sekarang ane cuman membahas beberapa aja. Cekidot...

1. Catalonia-Spanyol


Kalau mendengar nama Catalonia identik dengan klub La liga Brcelona. Karena di sinilah klub tersebut bermarkas. Tapi sekarang yang ane bahas bukan barcelona melainkan maskasnya, Catalonia. Dari beberapa syarat terbentuknya negara, sebenarya catalonia sudah memiliki syarat2 tersebut, diantaranya memiliki bahasa sendiri, mereka para penduduk peri bumi atau klan catalan sering menggunakan bahasa catalonia (berbeda dengan bahasa spanyol). Dari aspek ekonomi, Catalonia adalah bangsa nomor dua termaju dalam hal industri di Eropa setelah Inggris.Selain itu mereka juga mempunyai bendera negara mereka sendiri dan punya lambang negara sendiri. Catalonia juga diakui oleh negara lain akan keberadaanya, karena kota ini telah menjadi kota pariwisata terkenal di seluruh dunia. Pendapatan per kapitanya kurang lebih $ 32 ribu.

2. Tokyo-Jepang


Kenapa ane naruh Tokyo di list karena yang ane tahu kalau tokyo merupakan kota yang tersibuk di dunia. Dan juga merupakan salah satu negara Asia dengan biaya hidup termahal di dunia. Tahun ini berada di ranking keempat.Termasuk sebagai kota dalam metropolis yang berpusat di Shinjuku. Dengan luas wilayah untuk area Metro 13.572 km persegi serta area Metropolis 2.187,66 km persegi. Pusat kegiatan bisnis Jepang sebagian besar berada di kota ini. Dan juga pendapatan negara yang di hasilkan kota ini mencapai $ 45.774 per kapita,Wow. Namun seiring dengan bencana yang terjadi kemarin, pendapatan Negara Jepang khususnya Tokyo mengalami pemunduran..

3. New York-AS


Siapa yang ga tahu new york coba.?? New York adalah pusat industri di negara AS. New York, di mata survei UBS Bank, merupakan pusat dunia. Artinya, biaya hidup dan penghasilan di kota ini umumnya tidak banyak berfluktuasi. Karena itu, New York dijadikan patokan untuk membandingkan kota-kota lain sehingga dalam survei ini New York diberi skor 100. Menurut catatan Bloomberg, meskipun tarifnya mahal, harga sewa apartemen untuk studio dengan satu, dua atau tiga kamar tidur tidak banyak berubah. Rata-rata tarif sewa di Manhattan adalah US$1.821 per bulan. Pendapatan penduduk kota ini kurang lebih $ 32 ribu.

4. Sao Paulo-Brasil


Kota terbesar dan menjadi pusat industri di negara Brazil. Banyak penduduknya, yaitu sekitar 19.889.559 jiwa pada tahun 2009 di atas kawasan seluas 7.944 km² (3,067 mil²), adalah wilayah metropolitan terbesar di Brasil, terbesar kedua di benua Amerika, kota ini juga merupakan wilayah metropolitan terbesar ke-7 di dunia. Selian itu kota ini juga sebagai kota pengekspor kopi terbesar di Brazil. Rata pendapatan di kota ini kurang lebih $ 30 ribu.

5. Kopenhagen-Denmark


Kota yang letaknya di pinggir negara Denmark ini sering disebut dengan negeri dongeng. Hal itu didukung karena masih ada wilayah di kopenhagen yang arsitektur eropa kuno yang masih di pertahankan, dan bangunan rumah yang di cat berwarna, sehingga lebih kental aroma dongeng di kota ini. Bukan hanya itu saja yang menjadi daya tarik dari kota ini. Kota kopenhagen juga di nobatkan sebagai kota terbersih di dunia pada tahun 2011. Di beberapa wilayah di kopenhagen memang tidak di perkenankan membawa kendaraan bermotor, sehingga kota ini masih tampak asri dan bebas polusi. Pendapatan rata-rata kota ini kurang lebih $ 50ribu.

Sekian ulasan singkat ane tentang kota-kota termegah setingkat negara bagian..
maaf kalau masih ada salah2 kata, maklum masih newbie...^_^

0 komentar: